Monday, December 10, 2012

Vancouver membuat jalan dari aspal plastik

Kota Vancouver yang berada di negara Canada ini menjadi salah satu kota yang ingin menjadikan tahun 2020 menjadi kota yang menghargai lingkungan dengan mengurangi tingkat polusi lingkungan dengan melakukan pemanfaatan limbah plastik menjadi aspal plastik. Aspal plastik ini dijadikan bahan baku untuk membuat jalan-jalan yang ada di Vancouver agar lebih ramah lingkungan.
Aspal plastik ini memang berbahan baku dari plastik yang telah didaur ulang melalui beberapa proses yang tidak sederhana. Para ahli telah melakukan beberapa penelitian beberapa lama semenjak tahun 2008 untuk menghasilkan campuran yang sesuai dengan kebutuhan di jalan-jalan kota Vancouver agar dapat menerima beban saat dilindas roda mobil yang berlalu lalang diatasnya.
Para peneliti telah menemukan komposisi yang tepat dengan mencampurkan bijih plastik dengan lilin yang diolah dalam suhu tertentu. Ikatan kimia yang ada dalam plastik serta lilin cukup kuat saat dimasukkan dalam tungku pemasakan. Memang untuk proses ini tidak sederhana, tetapi dari beberapa perhitungan yang dilakukan telah membuktikan bahwa saat akan dicampurkan dengan komponen lilin akan lebih efisien pemakaian bahan bakar yang dipergunakan untuk mendidihkan aspal biasa. Tentu dengan lebih efisien pemakaian bahan bakar solar yang biasanya dipergunakan untuk memasak aspal biasa, tentu akan mengurangi tingkat polusi udara.
Usaha para peneliti ini memang layak diacungi jempol sebagai sebuah solusi untuk negara Canada yang cukup terkenal dengan udaranya yang dingin serta jumlah penduduk yang mulai meningkat. Jalan-jalan di Vancouver akan lebih nyaman dengan pemakaian sampah plastik daur ulang ini sebagai solusi mengatasi masalah sampah plastik dan penggunaan energi yang ramah lingkungan.

No comments:

Post a Comment