Tuesday, December 11, 2012

15 Tips Optimalkan Samsung Galaxy S III


Samsung Galaxy S III saat ini sudah terjual lebih dari 30 juta unit di seluruh dunia. Data ini disebutkan pada awal November lalu, atau sekitar lima bulan setelah peluncuran ponsel cerdas yang diusung sebagai salah satu produk flagship Samsung ini.
Sebagai perbandingan, generasi pendahulunya, Samsung Galaxy S II, "hanya" terjual 10 juta unit dalam lima bulan. Peningkatan penjualan hingga tiga kali lipat ini tergolong fantastis mengingat penjualan produk-produk Samsung sempat terganjal akibat sengketa dengan Apple.
Nah, jika Anda adalah salah satu dari 30 jutaan pemilik Galaxy S III, bisa jadi perlu membaca artikel ini. Kami akan sajikan 15 tips dalam mengoptimalkan penggunaan ponsel ini yang dirangkum dari berbagai sumber.
1. Pencarian ponsel yang hilang
 
Tersembunyi dalam menu Security settings, yaitu fitur Track my mobile. Buatlah akun Samsung terlebih dulu untuk dapat menggunakan feature ini (cara termudah ialah melalui layar Samsung Apps).
Selanjutnya buka situs SamsungDive.com. Di sini Anda dapat melacak ponsel yang hilang, menguncinya secara remote, hingga menghapus bersih data-data di dalamnya.
2. Mengedit video
Sebagian besar handset Samsung seri Galaxy disertai dengan Samsung Apps. Meski terlihat remeh dibanding Google PlayStore, nyatanya ia menawarkan beberapa app eksklusif untuk pengguna Samsung. Video Maker adalah salah satunya.
App ini mampu mengedit video klip langsung dari handset Galaxy milik Anda. Selain itu, ia juga dapat memberikan efek sesuai tema dan mengekspor hasilnya ke dalam beberapa format video, mulai dari kualitas HD hingga QCIF untuk keperluan MMS.
3. Shortcut video kamera
Hingga saat ini pada semua device Samsung Galaxy, Anda dapat dengan bebas meletakkan shortcut kamera foto ke dalam home screen. Namun entah mengapa hal yang sama tidak berlaku untuk Video Camera.
Install app gratisan bernama Camcorder Shortcut dari PlayStore untuk mengatasi masalah kecil yang cukup mengganggu ini. 
4. Percepat jeda waktu “Wake up”
Ada kalanya Galaxy SIII menjadi sedikit lamban, ketika “wake up” dari modus “sleep”.  Penurunan performa ini diduga berasal dari fungsi S-Voice, yang secara default akan aktif ketika user melakukan klik ganda pada tombol Home.
Matikan opsi Launch S Voice pada menu Settings untuk mendapatkan performa yang lebih baik.
5. Suara dan vibrasi simultan
Dengan antarmuka Samsung Touchwiz pada Galaxy SIII, Anda dapat mengatur setting suara panggilan, notifikasi dan, setting audio lainnya secara terpisah. Sebuah fungsi yang hilang semenjak Android 4.0 (Ice Cream Sandwich).
Cara untuk membuka setting suara ini adalah dengan menekan tombol Volume, lalu ketuk tombol Settings yang berada di sebelah slider pengaturan audio. Aktifkan opsi Sound and Vibration agar Galaxy SIII mengeluarkan suara dan efek getar secara simultan.
6. Manfaatkan touch gesture
Antarmuka Samsung Touchwiz terbaru pada Galaxy SIII memiliki beberapa feature unggulan, salah satunya adalah “touch gesture”. Dengan fitur ini, Anda cukup mengusap layar untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan lebih cepat.
Dari sekian banyak gesture yang ada, menurut kami tiga gesture berikut ini yang paling sering dipakai, yaitu meletakkan 2 jari lalu mengusap layar dalam S Planner untuk mengubah tampilan kalender, membisukan handset dengan meletakkan telapak tangan pada layar video player dan mengetuk bagian atas layar untuk menggulung halaman website.
7. Remote control Melalui KiesAir
Install app ini dari PlayStore untuk dapat mengelola Samsung Galaxy SIII melalui web browser. Melalui KiesAir, Anda dapat mengunggah file menuju handset ataupun sekedar melihat jadwal kalender.
Feature dalam app ini nyaris  menyamai fitur dari AirDroid, namun sayangnya masih terdapat beberapa bug yang menyebabkan handset freeze, loading berulang, dan lain-lain. Namun ketika KiesAir bekerja dengan benar, ia cukup bisa diandalkan.
8. Usap kontak untuk telepon/SMS
Trik ini berlaku pada daftar layar kontak dan Pesan. Usap nama kontak ke kanan untuk melakukan panggilan. Usap nama kontak ke kiri untuk mengirim pesan singkat (SMS).
Feature ini tidak hanya terdapat pada Galaxy SIII, melainkan pada semua handset Samsung yang memakai antarmuka Touchwiz.
9. Mengubah font
Untuk memberi sentuhan lebih personal, Samsung Galaxy SIII memiliki opsi Font Style yang dapat ditemukan dalam menu Display Settings. Namun bila Anda menginginkan tampilan font yang benar-benar beda, install saja Fontomizer dari PlayStore.
Gunakan Fontomizer untuk mengunduh dan meng-install font dari internet, untuk digunakan pada Samsung Galaxy Anda.
10. Lampu darurat
Samsung Galaxy S III disertai dengan widget bernama Assistive Light, yang fungsinya adalah untuk mendayagunakan lampu LED di bagian belakang handset sebagai sumber cahaya darurat. Sangat bermanfaat ketika ingin melihat lingkungan sekitar saat kondisi gelap.
Sangat disarankan untuk menampilkan widget ini pada homescreen agar ia dapat diakses dengan cepat ketika dibutuhkan. Ketuk widget ini untuk menghidupkan lampu LED, ketuk sekali lagi untuk mematikannya.
11. Mengubah default home screen
Custom launcher seperti Launcher pro dan Go launcher telah lama memiliki feature ini. Akhirnya secara default fitur ini  tersedia dalam antarmuka Touchwiz pada Galaxy S III. Cubit homescreen untuk menampilkan semua halaman homescreen yang ada.
Selanjutnya pilih homescreen default dengan mengetuk ikon bergambar rumah di sudut kanan-atas salah satu halaman.
12. Kustomisasi perilaku notifikasi LED
Ketika membuka setting LED Indicator, hanya terdapat 3 opsi pengaturan LED. Untuk dapat memanipulasi lampu LED dengan leluasa, pasang aplikasi Light Flow dari PlayStore.
Dengan app ini, Anda dapat mengatur warna, durasi, dan seberapa cepat kedipan lampu LED.
13. Mengetik dengan metode SWIPE tanpa swype keyboard
Galaxy S III tidak disertai dengan swype keyboard sebagaimana Samsung Galaxy lainnya. Hal ini dikarenakan Galaxy SIII memiliki metode input swipe sendiri.
Untuk mengaktifkan feature ini, buka menu Settings> Language and Input> lalu ketuk ikon “roda gigi” di sebelah Samsung Keyboard. Aktifkan opsi Continuous Input atau T9 Trace (tergantung setting area handset).
14. Menampilkan persentase baterai
Sulit untuk menebak masa pakai baterai yang tersisa, apalagi Android secara default hanya menampilkan ikon baterai. Padahal indikator persentase baterai lebih informatif dibanding ikon baterai berwarna. Sebelumnya kita harus meng-install aplikasi Battery Monitor untuk dapat menampilkan persentase baterai.
Untunglah Galaxy S III telah menyertakan feature ini secara default, buka menu Display Setting lalu aktifkan opsi Display Battery percentage.
15. Menyingkirkan bloatware dari app drawer
Galaxy SIII disertai beberapa bloatware (aplikasi yang diinstalasi oleh developer atau vendor) yang kemungkinan tidak pernah Anda gunakan atau sentuh sama sekali.
Meskipun bloatware tidak dapat dihapus, setidaknya Anda dapat menyembunyikannya dari app drawer dengan cara menekan-tahan aplikasi tersebut, lalu tarik menuju icon “App Info” yang berada di deretan bawah.
Setelah layar App info tampil, kini Anda dapat men-disable aplikasi tersebut dengan memilih tombol Disable lalu OK. Ulangi langkah ini hingga semua bloatware yang tidak diinginkan menghilang dari app drawer.
















No comments:

Post a Comment